Thursday, 31 December 2015

CONTOH CERPEN KOMEDI LUCU SMK KELAS XI SEMESTER I



NYOLONG

 
 
     Diceritaken hidup sepasang suami istri hidup makmur sejahtera disebuah kota yang terletak di sebelah selatan jawa , kota itu terkenal dengan bahasa ngapaknya . ya ... Kebumen berasal dari kata bumi , yang berarti tanah yang subur yang menjadi sumber andalan bagi semua ekosistem di dalamnya.
     Sepasang suami istri tersebut tinggal disebuah rumah minimalis sederhana bergaya modern disebuah lingkungan yang biasa disebut sebagai “dusun” mereka tinggal dengan 2 anak dan 1 mertua. Sepasang suami istri tersebut bernama Soleh dan Resmi , Soleh bekerja serabutan sedang Resmi sebagai Ibu rumah tangga biasa.
     Suatu siang ketika Soleh sedang tidur santai di ruang tamu “Pak jangan Cuma tidur – tiduran doang coba,sana keluar .. cari duit,beras didapur udah hampir abis” kata Resmi ketus.
“Ih siapa sih lo ? rese deh ..  biasa aja kali mih” jawab Soleh.
“Masyaallah pak ... beras,minyak,gas,gula semua tuh udah mau abis,bisa – bisanya papih masih bisa tidur – tiduran sambil nonton tv , dimana rasa tanggung jawab papih sebagai sorang suami sebagai seorang ayah ? kata Resmi kesal.
“Ya ampun mih,papih ini lagi nunggu temen .. coba sana mamih ngerasain kerja,jangan papih melulu dikit – dikit papih dikit – dikit papih.”
Romantis memang bagai pinang dibelah dua , walau dalam keadaan saling menyalahkan pasangan sejoli ini selalu mengucap panggilan kesayangan mereka masing – masing “papih & mamih.”
     Tapi sungguh ironi , sepasang suami istri yang saling mencintai ini mempunyai pekerjaan sampingan yang kurang baik di mata Tuhan serta masyarakat , ya .. nyolong atau mencuri adalah hobi mereka berdua.Pernah suatu malam pada saat Soleh pulang kenduri di kontingen paling akhir,dia mendengar suara misterius dari arah pagar belakang rumah pak RT .. setelah ia telisik lebih lanjut ternyata suara itu bersumber dari Ayam jago kesayangan milik pak RT yang kabarnya si jago itu sudah beberapa kali sudah memenangi berbagai kontes jago dalam kategori kecantikan dikota – kota sekitaran Kebumen. Pada malam itu pula Sholeh menyusun rencana agresi pencurian di rumahnya dan langsung beraksi pada tengah malam untuk pada pagi harinya ia langsung menjualnya di pasar hewan terdekat.
    Keseharian Sholeh dan Resmi dipenuhi dengan permasalahan ekonomi pelik  yang akhirnya memaksa mereka untuk terus menekuni hobi mereka sebagai partner . Tetapi pada pagi hari itu terlihat Resmi sedang berdandan menor ala Lady Gaga didepan cermin  sedangkan Sholeh terlihat sedang membersihkan dan memanaskan motor CB yang sering ia sebut sebagai “Belalang Tempur”, perlu diketahui bahwa belalang tempur milik Sholeh adalah peninggalan dari sang Ayah bukan hasil dari nggarong atau mencuri.
“Yuk pih mami udah siap nih pih” kata Resmi.
“Memang mau ke kota mau ngapain sih mih mau ke Pasar ? JJ,Jadi Jauh ? Rika,Rika pasar raya ? ” jawab Soleh.
“Udah deh ikut aja,nanti mamih yang nunjukin jalan.” kata Resmi lagi.
 Bagai go-jek yang sedang santer dibicarakan dikalangan netizen, Soleh dengan senang hati mengantarkan sang istri tercinta kesebuah  tempat yang Soleh baru tau ternyata itu adalah ATM atau Anjungan Tunai Mandiri.
     Sesampainya di  ATM terjadilah perbincangan singkat antara kedua orang itu ,
“Masyaallah pak , nih mamih bilangin .. kita punya anak laki – laki sulung baktinya ke orang tua jaaaan nggak ketulungan. Jaman dulu waktu anak kita masih stm uang sakunya tuh dikumpulin setiap hari ... 1000 , 2000 ,1000 , 2000 , 1000 , 2000 nah pas waktu mau lebaran celengannya dibobol buat mbeliin ibunya ruku , bapaknya dibeliin kupluk sama sarung .. setelah sekarang udah kerja di Malaysia 1 bulan , 2 bulan , 3 bulan selese potong gaji setiap bulan ngirimi kita pak , tuh .. Masyaallah baktinya ke orang tua” jelas Resmi.
“Ya iya , anaknya siapa dulu ? Buah tidak mungkin jatuh jauh dari pohonya , dari induknya” jawab Soleh.
“Maksudnya ?” tanya Resmi penasaran.
“Ya itu karna anak papih , sebab kok kenapa bisa dia kaya gitu” Jawab Soleh.
“Sekarang aku mau tanya , papih itu siapa ? elu tuh siapa ? orang setiap malem aja papih masih suka ngitipin ayam tetangga  kok ya ? setiap hari nggarong,setiap hari nyolong,kalo ngga ayam kambing, kambing habis tinggal nyolong bebek,bebek habis tinggal nyolong panci , loh kok berani – beraninya ngaku bakti anak kita itu turun dari papih, agak ngaca ya” Jelas Resmi heran.
“Iya lah .. udah sekarang kita ini mau ngapain ? mau nyolong ? nyolong apa ? tuh liat , satpam kaya gitu tuh kalo belum disogok duit ratusan ribu tuh belum mau nurut” Kata Soleh.
“Tenang,hari ini kita tuh nggak dijadwalkan mau nyolong , nah baru ... besok malam
Jum’at kliwon kita emang harus nyolong pih.Dah sekarang kita diem aja antri , antri  ATM karna jadwal kita sekarang disini tertulis bahwa hari ini kita akan ngambil duit kiriman dari anak kita si Sobirin” jawab Resmi sambil membuka smartphonenya.
     Beberapa saat kemudian Soleh menghampiri Resmi yang terlihat sudah berjalan keluar dari dalam ATM.”Udah selese mih ngambil duitnya ?” tanya Soleh.
“Udah nih dapet 500 ribu doang” jawab Resmi.
“kerja jauh jauh di Malaysia , 4 bulan Cuma ngirimi kita 500 ribu ? kalo kaya gitu sih mending mbantu mbantu kita nyolong disini mih”  kata Soleh.
“Bilangin pih , bilangin , bilangin sini cepetan !” ajak Resmi dengan suara berbisik.
“Bilangin ?” jawab Soleh santai.
“Bilangin sini , pih  kita hari ini acaranya harus nyolong” bisik Resmi.
“Nyolong apa ? Motor ? tuh liatin satpamnya masih mendelik matanya” jawab Soleh
“Tenang ... tadi pas mami lagi ngantri ATM ada orang didepan mami duitnya banyak banget pih , ratusan juta , beneran” jelas Resmi.
“Aduh mih ..  mbobol ATM itu resikonya tinggi .. ada CCTVnya,ada satpamnya” bantah Soleh.
“Pake password” kata Resmi.
“Maksudnya ? password kan yang tau kan cuma yang punya akun rekening itu , jadi password tuh ngga ada yang sama , beda – beda , passwordnya mamih apa ?” tanya Soleh.
“12345 sampe 10” jawab Resmi.
“Nah password orang itu tuh ngga mungkin sama kaya punyanya kita lho” jelas Soleh lagi.
“Tenang aja pih , mamih tuh tau password orang itu tadi, tadi pas dia lagi log in pin ATM mamih nggak sengaja liat password orang itu ,sampe mamih inget – inget mulu nih dari tadi” jawab Resmi”
“Lha terus apa passswordnya ?” tanya Soleh penasaran.
“XXXXX” Jawab Resmi.
“XXXXX ?” tanya Soleh lagi.
“iya XXXXX pih” jelas Resmi.
“hahahahahahahahaha ya ampun mamih mamih ... itu tuh ya walaupun mamih mencet tombol 1 – 10 tuh yang keluar di layar ya XXXXX , itu tuh kode rahasia mih , masa ada password XXXXX kan ngaco hahahahahahahahahahahahahaha” jelas Soleh sambil terbahak – bahak.
         Akhirnya pun mereka pulang dengan rasa syukur dan membatalkan niatnya untuk beraksi lagi.
    



0 comments:

Post a Comment

Pengunjung Blog Saya

Powered by Blogger.

Fans